Salahuddin

Biasanya dipanggil Udin, tapi kalo yang manggil lagi ada maunya (mau nabok, misalnya..) panggilannya jadi Salahuddin. Kalo ndaftar praktikum biasanya pake nomer 92/87113/TK/17696 (oh..ya.. nomer 696 ini selalu jadi nomer indukku di SMP dan SMA, angka keberuntunganku kali ya..). Tempatku dilahirkan adalah di daerah morfologi dataran banjir S. Kahayan, tepatnya di kota kecil Pahandut (sekarang udah jadi kota gede Palangkaraya), pas tanggal 9 September 1974 sekitar jam 10 pagi (makanya sampe sekarang masih senang berjemur di di pagi hari..).

Alamatku di kotaku ada di Jl. RTA. Milono 53 (kode pos 73111) dan udah pasang telepon bernomer (0536)22485.

Selama di Geologi, yang paling berkesan adalah ketika berkumpul dengan temen-temen seangkatan. dan yang paling tidak berkesan adalah ketika berkumpul dengan para dosen. Rasanya kalo lagi kumpul seangkatan PD-ku jadi gede, berani ketawa cekakakan di depan anak-anak lain angkatan (kecuali di depan Pak bagyo, hii...). Aku sih bersyukur sekali bisa masuk Geologi pas tahun 92, bisa masuk kumpulan orang-orang antik (yang harus dilestarikan) : ada yang cantik (cuman 3 biji, trus jadi 2 doang..), ada yang jelek (mayoritas), ada yang lucu, ada yang aneh, ada yang baik, ada yang egois, ada yang pendiam (contohnya saya, he..he..), ada yang saru, dan banyak yang wagu (terutama yang lagi baca ini..). Namun yang jelas, setiap individu angkatan kita punya potensi menjadi "orang" dengan level dan kadar rejekinya masing-masing (jangan sirik sama rejeki orang lain..). Makanya harapanku pengennya angkatan 92 jadi angkatan tersolid, jauh melebihi solidnya ABRI. Tak goyah diterpa badai, tak hitam terkena sinar matahari, tak gosong kena intrusi, dan tak mempan digoda cewek (akh.. masak iya..). Pesanku untuk temen-temen (kutipan lagunya Bang Iwan Fals) : jalani hidup tenang tenang tenanglah seperti karang, sebab persoalan datang bagai gelombang...

Cita-citaku sederhana aja : jadi seorang anak yang berguna bagi keluarga. Makanya kalo ngeliat anak kecil bawa boneka dimanja sama ibu bapaknya, rasanya aku pengen jadi bonekanya deh... (lho..?).

Pada prinsipnya, temen-temenku semuanya baik, kecuali yang lagi jahil. Namun yang perlu juga dapet catatan khusus adalah si Sinung yang setia kawan serta punya selera humor OK, Sumo si wagu yang kalo semakin lama diliat malah tambah wagu, si Totok yang 4-WD di segala medan kehidupan, si Yulis yang kalo lagi nyengir bikin aku inget Jurassic Park, si Mizarman yang berhasil ngalahin aku waktu lomba lari ke punyak G. Jabalkat pas PGL 93, si Haryanto yang mirip aku (kurusnya, pintarnya beda...).

Kalo dosen yang aku senangi jelas dong... dik Rita.. eh Bu Dwi (sayang dia ngajar mata kuliah yang sulit dan banyak hitungannya : Mekanika Batuan, jadinya aku nggak pernah diajar sama mBak Rita; sebab kalo itungannya banyak biasanya aku nggak lulus-lulus, kalo pun lulus biasanya dengan nilai maksimal C dan setelah ngulang 3 kali dulu. Tapi aku nggak nolak kok kalo misalkan dia pengen ngajarin mata kuliahnya secara privat). Bertolak belakang dengan mBak Rita, dosen yang aku takuti adalah Pak Bagyo : udah cowok, nggak keren, kumisan, galak lagi, iiihh ... amit-amit. Herannya kok aku bisa dapet dia ya jadi dosen pembimbing. Makanya aku pengen cepet-cepet lulus biar bisa lolos dari mulut harimau dan masuk ke lubang buaya (lho.. jangan heran. Cowok kan buaya dan cewek itu lubang buayanya...).

Makanan favoritku apa aja masuk, asal itu diberikan dengan ikhlas dan sudah matang. Biasanya habis itu aku ngantuk, maka jangan lupa, setelah aku makan, harus disiapkan juga kasur empuk plus kipas angin kecil... Kombinasi keduanya itu (kenyang + ngantuk) terasa pas kalo lagi di lapangan. Udah cape pemetaan (atawa dolan), makan bekal di rantang, trus merasakan sejuknya angin di siang hari, mmmmm......