Indrawati Budiman

Pepatah "gara-gara es krim setitik, gembira nila sebelanga" cocok untuk melukiskan kehadiran mbak kita satunya lagi ditengah-tengah kita. Tempat berpalingnya anak-anak malez untuk nyari catetan kalo lagi mid dan ujian, hingga kadang dapet predikat Sekretaris Angkatan, tukang ngurusin dapur (bareng Yuka yang pemilik dapur) pas acara kumpul-kumpul angkatan dan sering dapet order protokoler pas acara seremoinial, dan masih banyak lagi kemampuan lainnya. Anak-anak seolah-olah mendapat berkah dan rahmat dari Yang Kuasa bila pas ada tugas kuliah dan praktikum kebagian satu kelompok dengan Ira, maslahnya pasti dijamin berezz. Siapa sih dia..? Nama lengkapnya Indrawati Budiman, panggilannya Ira (itu aja udah keren, tuch..), dan kalo ujian pegang nomer 92/87011/TK/17594.

Terlahir ke dunia untuk menjadi temen kita di Pekanbaru 1 Oktober 1973 bulan Ramadhan, tepatnya di Rumah Sakit Rumbai, Komplek Enau-Caltex, Kec. Rumbai, Kodya Pekanbaru, Riau, Indonesia (hosh..hosh..panjang amat, capek nih ngetiknya.. lagian siapa juga yang pengen ngecek tempat kelahiran orang lain.. oh..ya.. ada yang kurang tuh datanya : Planet Bumi, Ok ?!). Hari pasarannya.. enggak tahu.. abis dulu lahirnya bukan di pasar sih. Zodiaknya Libra girl, shionya shio Kerbo (tapi kebo yang bijak, milih nih yee...).

Kalo pengen silaturahmi nih alamat sekarang : Jl. Permai 4 no.11, Margahayu Permai, Jl. Kopo, Bandung, Jawa Barat. Pengalaman hidup di Geologi : sebenarnya kalau mau diceritakan mulai dari waktu masuk sampe sekarang.. wuih... buanyak banget (jangan Ir... kasihan tukang ketik nih...), .. jadi yang penting-penting aja deh ya, yang selama ini selalu teringat, sampai kurang lebih 3,5 tahun di Geologi (waktu Ira ngisi formulir biodata ini, red.). Itu tuh... waktu kita pertama kali masuk Geologi, pas periksa kesehatan di jurusan Geologi Kampus Flora (emangnya di Kampus Bayat, jauh amat...), itu lo.. gedung lama kita. Dalam perjalanan menuju kampus untuk periksa kesehatan, selalu ngebayang-bayangin kalo bakalan ketemu ama temen-temen cewek yang lain... Naik bis dari rumah (dari Rumbai ??) sampe kampus dengan langkah pasti menaiki tangga menuju lantai 3 (tempat periksa kesehatan)... begitu nyampe kelokan tangga terakhir, tiba-tiba langkahku terhenti ! (wah.. ceritanya tegang nih.. yang ngetik sampe nahan napas takut jantungan..). Oii.. mammiiii... dimanakah gerangan ceweknya ?. Ternyata hanya ada Tati.. eh..kira-kira 10 menit kemudian muncul satu langkah lagi.. langkah-langkah kecil menaiki tangga, dengan rok hijau + blues kotak-kotak + kerudung, ... melemparkan senyum padaku,... usut punya usut, ternyata anak Geologi juga.. siapa lagi kalo bukan Sinung.. eh.. sorry.. Yuka ! (he..he..). Alhamdulillah.. lumayan nambah satu, dengan harapan bakal muncul yang lain.. eh.. tapi ternyata sampe Penataran P4 dimulai, nggak ada bonus cewek lagi.. terpaksa deh kita menjadi 3 serangkai 92, malahan sekarang cuman jadi 2 sejoli, karena neng Tati nggak bisa mendampingi kita terus.. (masak sih mBak Ira nggak sadar kita punya bonus cewek lainnya : Pambudi ! ha..ha...).

Tapi anehnya.. dari semua anak Geologi 92, yang pertama kali kenalan sama Ira, itu tuch.. si Os.. herannya, perasaan dulu waktu kenalan sama si Os, dia masih kecil tuh.. tapi sekarang koq lain ya..?..
Dalam kenangan : (kenangan buruk ya Ir,.. he..he..)
Os : "mBak-mBak.. kenalan dulu.. nama saya Os, dari Jambi.. kalau mBak namanya siapa ?".
Ira : "Saya Ira, dari Riau".. (dalam hati : tadi salah denger apa nggak ya !?.. katanya namanya cuma Os.. kok cuman 2 huruf, pendek ya...).

Kesanku secara umum angkatan 92 itu unik, ada berbagai macam bentuk, dari yang kecil, bulat, pipih/tipis, sampe yang paling gedhe... (wah.. ini bentuk-bentuk apa sih..?!), sifatnya juga macam-macam. Dari pengamatan selama ini, ada yang punya pemikiran dewasa, ada yang cuek, ada yang nggak peduli ama orang sekitar (mau nyopet kali, he..he..), ada yang netral (belum dikasih setrum listrik sih..), ada yang perhatian (wah..pada rebutan deh..), ada yang ge-eran (hi..hi.. pada malu-malu semua), ada yang ceriwis, ada yang suka iseng (kalo ini emang umumnya..), sampe ada yang masih kayak anak kecil/kekanak-kanakan,... herannya sampe sekarang tuh orang belum berubah juga ya...?!. Tapi meskipun begitu, kalo ada kegiatan-kegiatan yang ditangani ama anak-anak 92, alhamdulillah selama ini umumnya sukses.. moga-moga begitu terus ya...

Kita doa-in, mudah-mudahan angkatan 92 bisa lulus pada cepat,.. saling bantu, dong, jangan cuma mikirin diri sendiri, kerjasama dengan orang lain itupenting, karena dalam hidup kita akan selalu berhubungan dan saling membutuhkan dengan orang lain selain keluarga sendiri. Sesama angkatan 92, anggaplah kita sebagai keluarga besar, jadi harus saling memperhatikan, saling memberitahu kekurangan/kekhilafan teman yang lain, dan saling menasehati. Tapi ingat !.. jangan melupakan batas-batasnya.. jangan sampe dicap terlalu ngurusin orang lain, sementara diri kita sendiri belum tentu sempurna dan baik... karena di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, masing-masing mereka punya kelebihan dan kekurangan.

Cita-cita dan harapan hidup mudah-mudahan bisa lulus pada waktunya..biar bisa bilang : Horee.. aku lulus !! (kapan ya bisa tercapai ?!). Terus kalo udah lulus ya.. seperti umumnya orang-orang, pengen kerja... mudah-mudahan yang sesuai ama bidang kita masing-masing, tanpa ada rasa terpaksa mengerjakan sesuatu. Tapi sebagai cewek, harus inget kewajiban dan cita-cita yang lain.. menjadi IRT yang baik.. yang pasti, tujuan utama adalah bahagia dunia-akhirat.. amien...

Ada satu dosen.. yang mimik mukanya selalu bikin orang pengen ketawa.. ditambah bentuk wajah + proporsi bentuknya yang lucu.. bulat dan bulat, seperti boneka salju.. untuk menjaga kode etik, tebak sendiri deh.. yang jelas beliau orangnya baik, kalo ngajar kelewat cuek, nggak peduli yang di belakang mau ribut, mau baca komik, dll,... herannya pas kita ngambil matakuliahnya, kok ada midterm, padahal biasanya katanya nggak pernah ada. Siapakah dia ..?! Tebak sendiri deh..

Makanan fave ayam goreng, ayam bakar, plus semua makanan yang enak-enak dan mengenyangkan (menunya bebas !).. kecuali d.u.r.i.a.n alias duren (nggak masuk nominasi).