Donatus Hendra Amijaya

Hendra atawa Hendro kita ini punya nama lengkap Donatus Hendra Amijaya dengan NIM 92/87554/TK/18137. Tempat dilahirkan di Yogya pas tanggal 7 Agustus 1974, jam 3 pagi, hari Rabu Pon, bintang Leo, shio Macan. Alamat di Yogya, Jl. Kompol B. Suprapto 40 Yogyakarta 55225, telp. (0274)563947.

Berikut kita dengarkan sedikit penuturannya sebagai seorang saksi dan pelaku sejarah kegilaan makhluk-makhluk Geologi UGM 92 : Yang namanya belajar di Geologi UGM tentu banyak pengalamannya (entah yang konyol, gembira, sedih, sendu, dll..). Kalo nggak itu namanya nggak normal, apalagi bergabung dengan satu angkatan yang manusianya cukup tinggi tingkat kekonyolannya. Menurut saya, hal-hal yang menarik muncul saat di lapangan (field trip, KL, pemetaan, dll..) dan sangat tidak bisa dilupakan.

Contohnya saat pemetaan KL mandiri 95. Kebetulan saya satu camp dengan master-masternya orang koplo dan konyol yaitu Sinung dan Tatok. Kami bertiga mendapat daerah pemetaan di Ngawen, Gunungkidul dan kami menempati camp di rumah Pak Paimin, Kades Watusigau, Ngawen. Hari-hari pertama masih tenang-tenang saja, setelah kurang lebih satu-dua minggu tinggal di sana, mulai muncul ide-ide untuk mengisengi satu sama lain, biar nggak stress. Nah, suatu sore saat Sinung baru melaksanakan upacara padusan, muncul ide iseng saya dan Tatok untuk mengambil "gambar" yang cukup hot (mungkin nanti bisa dipublikasikan di Playboy, Penthouse, atau sejelek-jeleknya ya Nebula lah..). Kebetulan kamar mandi (sebetulnya belum bisa disebut "kamar")-nya berada di luar rumah, dekat sumur. Kamar mandi ini tinggi temboknya hanya kurang lebih 1,5 m (perbandingannya kalo saya mandi, pundak ke atas kelihatan), tidak ada payon-nya (genting) dan tidak ada pintunya, hanya pas masuk dibuat kayak labirin. Nah, dicapai kesepakatan bahwa saya yang motret, Tatok yang menarik perhatian Sinung. Mulailah Tatok menarik perhatian Sinung dengan mengobrol masalah pemetaan dan diselingi tarian erotisnya, sedangkan saya mengendap-endap di pintu untuk mengambil gambar dan akhirnya... jepret ! diperoleh gambar sebuah belahan (...) yang amat tidak menggiurkan. Tugas selesai. Baru setelah pemetaan selesai (kurang lebih pas menjelang presentasi) slide gambar tersebut ditunjukkan ke ybs. (karena tidak ada satupun studio di Yogya yang mau mencetaknya, takut alat cetaknya rusak, katanya...). Ternyata hal itu mengakibatkan kejadian yang hebat dimana Sinung hampir bunuh diri karena rahasianya terbongkar (ada panu di belahannya) dan setelah melihat hal tsb. timbul rasa kasihan yang mendalam sehingga dengan berat hati kami menyerahkan slide tsb. Sinung kemudian melakukan upacara pembakaran terhadap slide tsb. dengan diiringi isak tangis.

Selain keisengan tsb. banyak juga kejadian pribadi yang tidak terlupakan. Misalnya saya yang kalo pas pemetaan berjalan kaki bisa-bisa sehari makan 4-5 x karena kalo mampir ke rumah orang pasti diajak makan (maklum orang desa kalo diajak ngobrol pasti senang dan hasilnya ya... makan bareng-bareng). Atau tiap pagi kalo pas melaksanakan kewajiban di WC (WC-nya di tengah kebon berupa WC cemplung) tidak bisa tenang. Soalnya tiap pagi juga sapinya Pak Lurah pasti dikeluarkan dari kandang dan diikat di kebon dekat WC. Padahal sapinya pasti muter-muter jalan-jalan. Lha, kalo nyenggol gubuk yang dipake untuk nutupi WC ya pasti ambruk. Jadinya ya harus siap-siap melarikan diri kalo-kalo sapinya nyeruduk biar nggak ketiban gubuk dan nyemplung ke WC.

Pokoknya pengalaman bersama angkatan ini adalah "pengalaman terbaik yang pernah saya dapatkan" and tidak bakal terlupakan. Dan saya mohon agar persaudaraan angkatan ini tidak putus nantinya setelah semua pisah-pisah menjalani hidup masing-masing.

Cita-cita Hendro sih sederhana aja. Yang penting hidup cukup, santai, nggak stress, banyak temen, awet muda, dan bisa memanfaatkan ilmu geologi sebaik-baiknya and semaksimal mungkin !

Teman yang paling senasib seperjuangan (alasan lihat di depan) :

Dosen yang paling cocok (walau sebentar) : Bu Purtyasti (masih pada inget to...), soalnya style ngajarnya Bu Pur ternyata cocok dengan maunya saya (tidak ada hal-hal lain yang "diinginkan" yang mempengaruhi pendapat ini !). Kalo dosen-dosen yang lain sih menurut saya yo.. podo wae...

Makanan fave : semua oke ! apa saja mau ! asal tidak bikin mencret !.